Ke utamaan niat

عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : إنما الأعمل بالنيات وإنما لكل امرئ مانوى . فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله , ومن كانت هجرته لدنيا يصيبها أو امرأة ينكحها فهجرته إلى ماهاجر اليه

DARI AMIRUL MUKMININ ABI HAFS UMAR BIN AL KHATTAB RA.DIA BERKATA , SAYA MENDENGAR RASULULLAH SAW BERSABDA SESUNGGUHNYA SETIAP PERBUATAN ITU DI NILAI BERDASARKAN NIAT NYA . DAN SESUNGGUHNYA SETIAP ORANG AKAN DI BALAS MENURUT APA YANG DIA NIATKAN ,KARNA NYA  BARANG SIAPA YANG HIJRAH KARNA ALLAH DAN RASULNYA MAKA HIJRAH NYA KARNA ALLAH DAN RASULNYA DAN BARANG SIAPA HIJRAH NYA KARNA DUNIA YANG DI KEHENDAKINYA ATAU KARNA WANITA YANG INGIN DI NIKAHI NYA MAKA HIJRAH NYA MAKA HIJRAH NYA KEPADA APA YANG IA NIATKAN
  1. POIN PENTING DALAM HDITS INI 
  • IMAM AHMAD DAN ASY SYAFII MENGATAKAN HADITS "INNAMAL A'MALU BIN NIYAT" MENCAKUP SEPERTIGA ILMU KARNA AMALAN SESEORANG ITU DILAKUKAN DENGAN HATI , LISAN , ANGGOTA TUBUH LAINNYA DAN NIAT DILAKUKAN DENGAN HATI DAN ITU TERMASUK DALAM TIGA BAGIAN TERSEBUT 
    2. FIKIH PETUNJUK DARI HADITS 
  • WAJIB BERNIAT
          SEBUAH AMAL YANG DILAKUKAN OLEH SEORANG YANG SUDAH BALIG TIDAKLAH ADA NILAINNYA  MENURUT SYARIAT DAN TIDAK MENDAPATKAN PAHALA KECUALI DI LANDASI DENGAN NIAT 
DI SINI MAKSUDNYA ADALAH IBADAH -IBADAH TERTENTU SHALAT , HAJI , DAN PUASA
        *MAKA DARI ITU PENGIKUT MADZHAB IMAM HANAFI BERPENDAPAT "INI MERUPAKAN SALAH SATU (KESEMPURNAAN IBADAH) SUPAYA MEMPEROLEH PAHALA"
         *SEDANGKAN SYA FIIYAH PENGIKUT MADZHAB SYA FII BERPENDAPAT INI MERUPAKAN SALAH SATU (SYARAT SAH )MAK TIDAK SAH WASILAH TERSEBUT KECUALI JIKA DI DASARI NIAT
  • WAKTU NIAT DAN TEMPATNYA 
WAKTU NIAT ADALAH DI PERMULAAN IBADAH
SEDANGKAN TEMPAT NIAT ITU DIDALAM HATI SEHINGGA TIDAK DI ISYARATKAN UNTUK MENGUCAPKAN NYA ,AKAN TETAPI DI ANJURKAN SAJA AGAR LISAN DAPAT MEMBANTU HATI UNTUK MENGHADIRKAN NYA   
  • WAJIB HIJRAH 
SEORANG MUSLIM WAJIB HIJRAH DARI NEGRI KAFIR KE NEGRI ISLAM KETIKA TIDAK MEMUNGKINKAN BAGINYA MEREALISASIKAN AJARAN AGAMANYA ,DAN HUKUM INI MASH BERLAKU  DAN TIDAK ADA PEMBATASAN
  •  FAEDAH HADITS 
SEBUAH AMALAN YANG TIDAK DI LANDASI DENGAN NIAT ADALH SIA-SIA (KOSONG)
"NIAT DALAM SEBUAH AMALAN SEPERTI RUH DALAM SEBUAH JASAD MAKA JASAD ITU TIDAK AKAN BISA BERTAHAN TANPA RUH DAN RUH TIDAK AKAN TERLIHAT DI ALAM INI  KETIKA TIDAK BERSATU DENGAN JASAD "
  • HADITS INI MEMBERIKAN PENJELASAN KEPADA KITA AGR SENANTIASA IKHLAS DALAM BERIBADAH AGAR KITA KELAK MENDAPATKAN PAHALA DI AKHIRAT KELAK 
  • SETIAP AMALAN YANG MENDATANGKAN MANFAAT DAN KEBAIKAN KEMUDIAN DILANDASI NIAT DAN IKHLAS MENGHARAPKAN KERIDHAAN ALLAH MERUPAKAN SATU IBADAH .   

SEKIAN DARI SAYA APABILA TERDAPAT KESALAH SAYA MOHON AMPUN KE PADA ALLAH  SAYA MOHON AMPUN DAN KEPADA PEMBACA SAYA MOHON MAAF 
                

  SUMBER:       
SYARAH HADITS ARBA'IN AN-NAWAWI
DR.MUSTHAFA DIEB AL BUGHA 
DR MUHYIDDIN MITSU 
NUN WALQALMI WAMA YASTURUN WASSALAUALIKUM WARAHMAULLAHI WABARAKATUH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADAB YANG TERTINGGI/ MULIA